Publikasi

  • LAPORAN KAJIAN DAMPAK PERUBAHAN IKLIM PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) BRANTAS, JAWA TIMUR

    Laporan ini berisikan tentang dampak-dampak perubahan iklim pada wilayah Daerah Aliran Sungai Brantas, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Malang, Blitar, Mojokerto, dan Kota Batu.

  • Newsletter Maluku I 2018

    Newsletter edisi pertama di 2018 ini memuat berbagai kegiatan-kegiatan program USAID APIK yang berlangsung di Maluku dari Januari sampai Maret 2018.

  • Kajian Dampak Perubahan Iklim DAS Brantas

    Daerah aliran sungai (DAS) Brantas merupakan salah satu wilayah sungai strategis nasional yang meliputi beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Pada masa mendatang, perubahan iklim global diperkirakan menjadi salah satu faktor yang berdampak terhadap produksi tanaman pangan dan dan pemenuhan kebutuhan air domestik. Perkiraan dampak tersebut dikarenakan perubahan iklim global berdampak terhadap perubahan pola dan besaran curah hujan diberbagai wilayah di dunia. Studi ini diarahkan untuk menganalisis dampak perubahan iklim terhadap produksi tanaman pangan, yaitu: produksi padi dan pemenuhan kebutuhan air domestik. Wilayah studi meliputi tujuh (7) Kabupaten dan Kota disekitar DAS Brantas, yaitu: Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu dan Kota Malang.

  • Lembar Fakta Desa Sitiarjo dan Desa Sukodono

    Lembar Fakta ini menceritakan tentang Desa Sitiarjo dan Desa Sukodono yang menjadi desa intervensi program USAID APIK.

  • Rumah Bersama untuk Mendorong Aksi Peningkatan Ketangguhan Penanganan Ancaman, Dampak, Risiko Bencana dan Iklim melalui Kelompok Kerja

    Kelompok Kerja Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana (Pokja API PRB) di Provinsi Jawa Timur, Sulawesi Tenggara dan Maluku adalah media untuk membantu percepatan strategi dan implementasi aksi adaptasi dan pengurangan risiko bencana.

  • Lembar Fakta Perencanaan dan Penganggaran API PRB Responsif Gender

    Lembar Fakta ini bercerita tentang Pelatihan Perencanaan/Penganggaran Adaptasi Perubahan Iklim/Pengurangan Risiko Bencana (API/PRB) yang Responsif Gender.

  • Lembar Fakta Desa Kalikatir

    Lembar Fakta ini menjelaskan tentang Desa Kalikatir.

  • Lembar Fakta Kelurahan Bareng

    Lembar fakta ini bercerita tentang Kelurahan Bareng di Provinsi Jawa Timur.

  • Lembar Fakta Segoro Tambak

    Lembar Fakta ini berisikan informasi profil mengenai Desa Segoro Tambak

  • Profil Provinsi Jawa Timur

    Program USAID Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) bekerja di provinsi Jawa Timur dengan menggunakan pendekatan bentang lahan dan berfokus di area Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas. Lebih dari separuh total populasi Jawa Timur tinggal di wilayah ini, yang meliputi infrastruktur penting seperti dua bandar udara, dua pelabuhan, dan beberapa jalan tol.