Publikasi

  • Lembar Fakta Desa Sitiarjo dan Desa Sukodono

    Lembar Fakta ini menceritakan tentang Desa Sitiarjo dan Desa Sukodono yang menjadi desa intervensi program USAID APIK.

  • Rumah Bersama untuk Mendorong Aksi Peningkatan Ketangguhan Penanganan Ancaman, Dampak, Risiko Bencana dan Iklim melalui Kelompok Kerja

    Kelompok Kerja Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana (Pokja API PRB) di Provinsi Jawa Timur, Sulawesi Tenggara dan Maluku adalah media untuk membantu percepatan strategi dan implementasi aksi adaptasi dan pengurangan risiko bencana.

  • Lembar Fakta Perencanaan dan Penganggaran API PRB Responsif Gender

    Lembar Fakta ini bercerita tentang Pelatihan Perencanaan/Penganggaran Adaptasi Perubahan Iklim/Pengurangan Risiko Bencana (API/PRB) yang Responsif Gender.

  • Lembar Fakta Desa Kalikatir

    Lembar Fakta ini menjelaskan tentang Desa Kalikatir.

  • Lembar Fakta Kelurahan Bareng

    Lembar fakta ini bercerita tentang Kelurahan Bareng di Provinsi Jawa Timur.

  • Lembar Fakta Segoro Tambak

    Lembar Fakta ini berisikan informasi profil mengenai Desa Segoro Tambak

  • Profil Provinsi Jawa Timur

    Program USAID Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) bekerja di provinsi Jawa Timur dengan menggunakan pendekatan bentang lahan dan berfokus di area Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas. Lebih dari separuh total populasi Jawa Timur tinggal di wilayah ini, yang meliputi infrastruktur penting seperti dua bandar udara, dua pelabuhan, dan beberapa jalan tol.

  • Lembar Fakta Desa Tulungredjo

    USAID Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) berupaya meningkatkan ketangguhan masyarakat desa terhadap perubahan iklim dan risiko bencana, melalui proyek pertanian cerdas iklim yang melibatkan inovasi. Melalui skema dana ketangguhan, USAID APIK memberikan hibah kepada Pusat Kajian Teknologi Terapan Universitas Islam Raden Rahmat Malang, untuk membuat kegiatan bersama petani dalam menerapkan teknologi drip irrigation untuk tanaman sayur.

  • Newsletter Regional Maluku Edisi IV

    Newsletter edisi keempat ini memuat berbagai kegiatan-kegiatan program USAID APIK yang berlangsung di Maluku dari Oktober hingga Desember 2017. Di periode ini, program USAID APIK di Maluku berhasil menyelesaikan dokumen Kajian Risiko Bencana dan Rencana Aksi Komunitas untuk Ketangguhan di 12 negeri dampingan program USAID APIK di Provinsi Maluku, yaitu Negeri Allang, Negeri Hative Besar, Negeri Leahari, Negeri Morella, Negeri Lima, Negeri Passo, Negeri Soya, Negeri Siri Sori Islam, Negeri Haruku, Negeri Wassu, Negeri Ihamhu, Negeri Ameth. Kajian Risiko Bencana (KRB) berisikan informasi potensi dampak, tingkat ancaman, kapasitas masyarakat, tingkat kerentanan, dan tingkat risiko bencana khususnya terkait dengan hidrometeorologi. Informasi ini berguna untuk menyusun rencana beradaptasi dengan bencana yang berpotensi terjadi di negeri, yaitu Rencana Aksi Komunitas untuk Ketangguhan.

  • Laporan Kajian Kerentanan dan Risiko Iklim Provinsi Jawa Timur

    Kajian kerentanan ini bertujuan untuk mengidentifikasi bidang prioritas dalam adaptasi terhadap perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana di Provinsi Jawa Timur, memetakan perbandingan risiko iklim pada beberapa sektor tertentu, serta  membangun kapasitas para pemangku kepentingan di Jawa Timur. Hasil kajian ini akan menjadi informasi sebagai dasar penyusunan strategi adaptasi dan ketangguhan serta membuat perkiraan potensi kerugian akibat perubahan iklim dan bencana terkait iklim.