Kegiatan

Sabtu, 30 Sep 2017 16:21 WIB

Sebagai bagian dari rangkaian kompetisi pengembangan purwarupa penakar hujan otomatis yang digelar sejak 7 Agustus 2017 lalu, APIK menguji coba hasil pengembangan purwarupa di Laboratorium Kalibrasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pusat dan Stasiun Klimatologi Bogor. Dari lima proposal terpilih, dalam tahap pengembangan, satu peserta

Senin, 28 Agu 2017 17:56 WIB

Kabupaten Maluku Tengah menghadapi ancaman bencana yang beragam seperti banjir, longsor, kebakaran hutan, abrasi, gunung berapi, angin puting beliung, gelombang tinggi serta beberapa bencana lainnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah bertugas bertugas menangani masalah kebencanaan secara langsung dan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait.

Senin, 21 Agu 2017 18:24 WIB

Ada yang berbeda dengan kegiatan pelatihan di Kabupaten Blitar kali ini. Biasanya kegiatan dilakukan di dalam ruangan berpendingin udara, namun kali ini pelatihan dilakukan di desa dengan suasananya yang khas.

Jumat, 18 Agu 2017 18:51 WIB

Provinsi Sulawesi Tenggara termasuk salah satu daerah dengan risiko tinggi mengalami bencana hidrometeorologi. Berbagai bencana tersebut mengganggu proses perencanaan pembangunan yang berkelanjutan, merusak ekosistem dan lingkungan yang lestari, serta berkontribusi pada meningkatnya penduduk miskin dan persoalan-persoalan sosial lainnya.

Minggu, 16 Jul 2017 17:33 WIB

USAID APIK bersama Sekretaris Daerah Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Ambon, serta Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Maluku Tengah mengadakan Konsultasi Publik Hasil Penilaian Ketangguhan dan Kajian Informa

Kamis, 25 Mei 2017 00:00 WIB

Kabupaten Blitar memiliki tingkat indeks risiko yang tinggi karena topografinya yang beragam terdiri  dari  wilayah  pegunungan  di  lereng Gunung  Kelud,  daerah  aluvial  Sungai  Brantas  dan  pesisir  selatan  yang  menghadap  langsung  ke Samudera  Hindia.

Rabu, 24 Mei 2017 16:20 WIB

Bu Bace tekun mendengarkan. Sesekali tangannya bergerak teratur menulis catatan dalam buku kecil miliknya agar ia tak lupa materi yang disampaikan. Bu Bace adalah  guru sekolah  Sekolah Dasar di Pulau Haruku. Ia adalah salah satu  perwakilan kelompok kerja masyarakat (Pokmas) Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana.

Rabu, 24 Mei 2017 13:30 WIB

Rabu, 24 Mei 2017 00:00 WIB

Di Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merupakan instansi penyelanggara yang bertanggung jawab dalam penyebaran informasi mengenai pengelolaan informasi iklim dan cuaca.

Senin, 15 Mei 2017 00:00 WIB

Sungai merupakan bagian dari nafas kehidupan masyarakat desa yang penting untuk memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat. Di bantaran sungai pula, denyut kehidupan kegiatan penduduk desa dapat kita lihat mulai dari kegiatan mandi, mencuci, hingga bergunjing.