Kompetisi Pengembangan Purwarupa Penakar Hujan Otomatis

HASIL KOMPETISI

Berikut merupakah hasil pengujian lab:

Hasil pengujian lapangan:

Hasil Akhir:

A. Latar Belakang

Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) merupakan program berdurasi lima tahun dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) yang bertujuan untuk membantu Indonesia dalam mengelola risiko bencana dan iklim. APIK bekerja membantu pemerintah Indonesia dalam mengintegrasikan Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana (API-PRB) dari tingkat lokal hingga nasional. Dengan menggunakan pendekatan bentang lahan, APIK juga bekerja langsung bersama masyarakat dan sektor swasta untuk secara proaktif mengelola risiko bencana terkait iklim, serta memperkuat kapasitas para pemangku kepentingan dalam memahami dan mengkomunikasikan informasi iklim.

Salah satu hasil penilaian layanan informasi cuaca dan iklim yang dilakukan APIK di tahun 2016 adalah masih kurangnya pemanfaatan produk-produk cuaca dan iklim BMKG oleh masyarakat, baik untuk keperluan kehidupan sehari-hari, ataupun untuk pengurangan risiko bencana. Informasi cuaca dan iklim yang bersifat peringatan dini sangat penting untuk masyarakat yang terpapar bencana hidrometeorologis. Saat ini informasi ini dikoleksi dan didiseminasikan oleh lembaga terkait seperti BMKG, BPBD atau BBWS. BMKG memiliki prosedur tersendiri dalam memproduksi dan menyampaikan informasi peringatan dini melalui berbagai moda (website, aplikasi BMKG Info, grup pesan singkat, telepon, fax, dll.). Peringatan dini cuaca ekstrem secara rutin didiseminasikan baik enam jam sebelum, satu hari sebelum, ataupun potensi-nya beberapa hari sebelum estimasi waktu kejadian. Demikian juga saat kejadian dan pasca kejadian, informasi yang bersifat pemantauan juga didiseminasikan (contoh: citra radar & citra satelit). Stasiun Meteorologi dan Klimatologi biasanya memiliki infrastruktur pemantauan cuaca in-situ berupa Automatic Weather Station (AWS), Automatic Rain Gauge (ARG), Radar, dan Pos Hujan Observasi. AWS juga digunakan untuk memantau cuaca secara real time dan digunakan untuk keperluan  internal BMKG. Pada saat diindikasi terjadi potensi cuaca ekstrem, pemantauan ini juga didiseminasikan melalui lingkaran komunikasi pemangku kepentingan.

Sistem Peringatan Dini Berbasis Komunitas

Salah satu solusi alternatif penanggulangan bencana adalah sistem peringatan dini berbasis komunitas yang didefinisikan sebagai sistem peringatan dini yang melibatkan komunitas dalam mengumpulkan dan menganalisa informasi yang dapat disebarkan melalui pesan peringatan untuk membantu komunitas melakukan aksi terhadap potensi ancaman dan mengurangi potensi kerugian dan kerusakan.

Dari beberapa pembelajaran di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia, Sistem Peringatan Dini Berbasis Komunitas terbukti sangat efektif untuk meningkatkan ketangguhan berbasis komunal. Salah satu pendukung sistem ini adalah instrumen pengumpul data atau sensor-sensor yang dipasang di beberapa titik untuk menangkap gejala-gejala pra-kejadian bencana sehingga dapat didisebarkan lebih dini ke pihak-pihak yang membutuhkan agar dapat melakukan aksi preventif dan mitigasi. Berbicara tentang banjir, dua instrumen yang berperan dalam melengkapi sistem peringatan dini berbasis komunitas adalah ARG dan AWLR.

Kompetisi Pengembangan Purwarupa

Di bulan Februari 2017 yang lalu, APIK menjalin komunikasi dengan Komunitas Makers di Jakarta, Surabaya dan Malang melalui acara Makers Meetup. Hasil dari acara tersebut, diidentifikasi bahwa terdapat komunitas Makers yang memiliki potensi dalam menciptakan dan mengembangkan piranti keras dan piranti lunak yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan API-PRB. Melalui SoW ini, APIK berencana untuk mencari mitra pembuat yang dapat mengembangkan Alat Penakar Hujan Otomatis (Automatic Rain Gauge=ARG) berbiaya murah yang ke depannya akan menjadi bagian dari Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis Komunitas. Adapun kegiatan ini terdiri dari tahapan pemilihan mitra, pengembangan dan implementasi. Mekanisme pemilihan mitra akan dilakukan dengan cara membuka kompetisi. Pemenang dari kompetisi ini berhak atas kontrak pengimplementasian Sistem Informasi Peringatan Dini Banjir di salah satu wilayah dampingan APIK. Para pemangku kepentingan utama yang ditargetkan dalam implementasi sistem ini adalah komunitas di tingkat desa/keluarahan yang terpapar bencana banjir. Sistem ini diharapkan dapat dikelola oleh masyarakat secara swakelola dan berkelanjutan.

B. Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah sbb.:

  • Terpilihnya mitra yang dapat mengembangkan purwarupa Alat Penakar Hujan Otomatis (ARG).
  • Terciptanya purwarupa ARG yang dapat direplikasi dan diproduksi oleh siapa saja tidak terkecuali pemerintah, pihak swasta, kalangan pribadi, penggiat, pelajar maupun universitas.
  • Terciptanya proyek sumber terbuka (Open Source Project) untuk ARG yang ke depannya dapat dikembangkan secara bersama oleh siapa saja.

C. Keluaran

Hasil keluaran akhir yang diharapkan dari kegitan ini adalah Purwarupa Alat Penakar Hujan Otomatis (Automatic Rain Gauge=ARG) dengan spesifikasi yang dijelaskan pada bab Spesifikasi Teknis.

D. Spesifikasi Teknis

Purwarupa yang akan mendapat nilai tertinggi adalah yang paling mendekati spesifikasi teknis di bawah ini dan tidak wajib untuk dipenuhi seluruhnya. Purwarupa yang dikembangkan paling tidak (wajib) terdiri dari piranti keras dan lunak berikut:

  1. Sensor Penakar Hujan
  2. Semua komponen elektronik yang dibutuhkan (contoh: microcontroller, arduino, dll.)
  3. Komponen pencatatan dan perekam eksternal (logger & storage/memory)
  4. Komponen komunikasi pengiriman data melalui teknologi sms dan internet (contoh: gprs)
  5. Catu daya otonom (contoh: panel surya, battery)

dan tidak termasuk:

  1. Piranti keras penerima (contoh: komputer server), jika membutuhkan server penerima disarankan menggunakan jasa layanan hosting komersil atau memanfaatkan server sendiri (tidak masuk di dalam komponen biaya)
  2. Alat pendukung instalasi (contoh: tiang penyangga, pagar pelindung, dll.)

Jika dibutuhkan, peserta dapat juga memasukan beberapa komponen-komponen tambahan seperti berikut:

  1. Komponen layar jika dibutuhkan (monitor, televisi, led display, dll.)
  2. Piranti lunak di server penerima (jika dibutuhkan)
  3. Dll.

Spesifikasi Umum

Spesifikasi umum dari sistem ini adalah sbb:

  1. Berbiaya murah (biaya akhir material purwarupa tidak lebih dari Rp 10.000.000)
  2. Berbasis sumber terbuka (Open Source) baik piranti keras maupun piranti lunaknya, dan wajib untuk dipublikasikan via Github
  3. Seluruh produk piranti lunak harus menggunakan bahasa tingkat tinggi (high-level programming language seperti C, C++, php, java atau Python) dan bukan low-level seperti assembly
  4. Didesain sedemikian rupa agar dapat dibuat/dirakit dan diproduksi baik secara masal ataupun perorangan oleh siapa saja
  5. Sistem ini akan dipasang pada kondisi sinyal internet yang terbatas. Untuk itu sistem ini harus dapat mengirimkan informasi secara otomatis secara langsung (real time) dan dalam kurun waktu tertentu melelaui moda komunikasi sms dan gprs. Jika terdapat moda lain yang dapat disertakan (contoh: radiolink, dll.) maka akan menjadi nilai tambah dengan syarat biaya material dan operasional masih dalam batas anggaran. Moda tersebut dapat diswitch sewaktu-waktu bergantung pada kondisi sinyal.
  6. Memiliki sumber energi otonom seperti panel surya, battery, dll. dengan adanya proteksi untuk perkabelan short atau terbalik dan meminimalkan resource sistem catu. Sistem penyimpanan energi (contoh: battery) minimal harus dapat menyimpan energi minimal 3 hari tanpa asupan energi baru (contoh: dari panel surya), sehingga dapat tetap beroperasi dalam kondisi malam atau berawan.
  7. Sistem ini akan dimanfaatkan pada kondisi Daerah Aliran Sungai beriklim tropis yang pada waktu tertentu memiliki kondisi kelembaban cukup tinggi, untuk itu perlu didesain agar tahan terhadap kelembaban tinggi dan partikulat (contoh: menggunakan pelindung/enclosure komponen elektronik). Sebagai rujukan, dapat diadopsi dari IP rating chart berikut: http://www.dsmt.com/resources/ip-rating-chart/.
  8. Sebagian besar komponen dapat diperoleh di Indonesia (buatan lokal lebih baik)
  9. Tipe, desain dan jumlah processor/microcontroller tidak dibatasi (bebas)
  10. Tipe masukan (input) analog/digital dengan channel untuk sensor penakar hujan
  11. Data yang sudah masuk ke server penerima, harus didesain terbuka dan dapat diunduh oleh siapa saja

Spesifikasi Khusus

  1. Memiliki fungsi utama dapat membaca informasi curah hujan sesaat yang dapat diinformasikan secara langsung atau dalam kurun waktu tertentu.
  2. Akurasi minimal +/- 3 %
  3. Satuan dalam mm hujan
  4. Device telah diprogram dengan algoritma sbb :
    1. Data dikirim setiap 30 menit ke server adalah data yang berisi informasi hujan dan tegangan battery 10 menitan
    2. Device akan mengirimkan notifikasi apabila nilai hujan mencapai nilai tertentu dan atau nilai tinggi air mencapai nilai tertentu (variable threshold) dengan media komunikasi SMS/internet
    3. Data 10 menitan dibackup ke media penyimpanan eksternal
    4. Konfigurasi device dapat diubah (setting) dengan SMS
    5. Mengirim SMS (alarm) apabila battery eksteral down
    6. Firmware dapat diperbarui (upgrade) dari jarak jauh
    7. Data curah hujan adalah akumulasi selama 24 jam, dimana reset akumulasi hujan pada jam 7 pagi waktu setempat
    8. Nilai sensitivitas /  resolusi tipping bucket pada ARG dapat diinput nilai dari 0.00 – 1.00 mm

E. Kualifikasi & Kewajiban

Kualifikasi Anggota Tim Penilai

Total Tim Penilai paling tidak adalah 4 orang yang terdiri dari perwakilan dari APIK/USAID, Perwakilan dari Pemerintah (BMKG), Profesional dan Praktisi/Komunitas.

Kualifikasi Peserta

Kualifikasi Peserta Kompetisi adalah sbb.:

  1. Terdiri dari grup/perorangan/perwakilan entitas dari lembaga usaha, lembaga penelitian, LSM atau universitas yang memiliki kapabilitas untuk membuat purwarupa instrumen sesuai (atau mendekati) spesifikasi yang ditentukan dalam SoW ini
  2. Jika berupa lembaga usaha, lembaga penelitian, LSM, atau universitas, harus tercatat dan didirikan di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memiliki dokumen lengkap (minimal AKTA & NPWP)
  3. Warga Negara Indonesia (jika perorangan)

F. Mekanisme Kompetisi

Kompetisi diadakan kurang lebih selama dua bulan dengan tahapan pendaftaran, pengembangan, presentasi, pengujian, penilaian dan pengumuman pemenang.

Tahapan Pendaftaran

Tahapan ini dibuka selama dua minggu. Syarat pendaftaran adalah:

  1. Peserta memenuhi Kualifikasi Peserta seperti yang disebutkan pada bab sebelumnya.
  2. Mengisi Formulir Berikut.
  3. Melengkapi dan mengumpulkan Proposal (template terlampir di bawah) yang dikirim melalui email: APIK_ResilienceFund@dai.com (besar email kurang dari 10Mb, jika lebih, dapat dikirim lebih dari satu kali) sebelum tanggal terakhir pengumpulan (lihat Jadwal di bawah).

Setelah para calon peserta mengumpulkan semua persyaratan, panitia akan menentukan daftar pendek (shortlist) peserta yang terdiri dari minimal 2, dan maksimal 5 tim, yang akan diumumkan melalui website ini. Pertanyaan terkait Template Proposal dapat dikomunikasikan melalui email: Mohammad_Fadli@dai.com. Sosialisasi terbuka sekaligus penjelasan mengenai Template Proposal akan dilakukan pada tanggal yang tertera pada Bab Jadwal di bawah. Di dalam proposal, peserta diminta melampirkan rancangan Bill of Material (format terlampir) untuk setiap komponen/material yang akan dibeli. Jika terdapat komponen yang harus inden/diimpor, maksimal proses pembelian tidak lebih dari 30 hari.

Proses Pemilihan Peserta

Panitia dan tim penilai akan melakukan penilaian terhadap semua Proposal yang telah dikumpulkan. Dari semua kandidat peserta yang mengumpulkan, akan dipilih minimal 2, dan maksimal 5 tim yang akan lolos masuk tahap selanjutnya.

Tahapan Penjelasan & Tanya Jawab

Proses Tanya Jawab dapat dilakukan dengan mengirim email ke: mohammad_fadli@dai.com dan melalui penjelasan secara verbal dalam acara sosialisasi (lihat jadwal di bawah).

Tahapan Pengembangan

Setelah pendaftaran ditutup, panitia akan mengumumkan siapa saja yang terpilih untuk tahapan selanjutnya. Setelah peserta terpilih, panitia akan memberikan dana pengembangan sebesar Rp 10.000.000 untuk masing-masing grup, dan peserta akan diminta untuk melakukan pengembangan purwarupa.

Tahapan Presentasi

Setelah selesai dikembangkan, seluruh peserta akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil purwarupa yang telah dikembangkan kepada tim penilai. Presentasi akan dilakukan di dua kota, yakni di Kota Jakarta dan di Kota Malang.

Tahapan Pengujian

Panitia akan menentukan tempat pengujian dari purwarupa yang telah dibuat tersebut. Untuk setiap purwarupa yang dibuat oleh peserta, akan disandingkan dengan instrumen milik BMKG di lapangan. Selain itu juga akan dilakukan pengujian lab untuk masing-masing alat.

Tahapan Penilaian

Setelah semua purwarupa diuji, tim penilai akan melakukan penilaian dari keseluruhan kinerja, desain dan kemampuan teknis alat. Sistem penilaian telah dijelaskan di dalam Dokumen Template Proposal. Secara umum, seluruh penilaian akan merujuk pada Spesifikasi Teknis di atas, sistem yang paling mendekati kualifikasi tersebut adalah yang akan mendapat nilai tertinggi.

Tahapan Pengumuman Pemenang

Setelah tahapan penilaian dilakukan, maka pemenang akan diumumkan, dan penandatanganan kontrak secara simbolis oleh panitia dan tim penilai.

G. Hak & Kewajiban

Dokumentasi

Proyek ini adalah proyek sumber terbuka (Open Source Project), untuk itu para peserta wajib membuat dokumentasi spesifikasi teknis selengkap-lengkapnya yang dapat dipublikasikan kepada publik agar ke depannya alat ini dapat direplikasi oleh siapa saja. Adapun spesifikasi teknis yang wajib didokumentasikan diantaranya adalah sbb:

  1. Rincian teknis & rekomendasi material dan bahan, termasuk referensi tempat membelinya dan kuantitas
  2. Bill of Material
  3. Rancangan desain piranti keras dan lunak
  4. Tata cara perakitan
  5. Source Code peranti lunak pendukung baik di alat ataupun di penerima
  6. Dokumentasi penyelesaian masalah (troubleshooting)

Hak Cipta & Hak Milik

Hak Cipta dari desain dan barang yang dibuat pada tahapan kompetisi ini akan menjadi milik USAID, yang ke depannya Hak Cipta akan dilepas kepada publik sebagai Open Source Hardware dengan lisensi dan atribusi tertentu. Hak milik dari purwarupa yang telah dibuat adalah milik peserta.

Hak Panitia Penyelenggara

  • Panitia Penyelenggara berhak untuk mengubah spesifikasi dan ketentuan kompetisi, dengan terlebih dahulu disosialisasikan kepada peserta.
  • Panitia tidak berkewajiban untuk memberikan ongkos ganti untuk transportasi/akomodasi peserta yang berada di luar domisili Kota Jakarta dan Kota Malang.

Hak Pemenang

Pemenang berhak atas Kontrak Dana Ketangguhan untuk:

  • Pengembangan purwarupa lebih lanjut (Sistem Peringatan Dini Banjir)
  • Mereplikasi (scaling-up) alat tersebut untuk diimplementasikan di wilayah kerja APIK (Jawa Timur, Sulawesi Tenggara atau Maluku)

H. Jadwal Kegiatan*

Rincian Rangkaian kegitan ini adalah sbb (tentative):

Waktu

Kegiatan

Keterangan

12-23 Juni 2017

Pendaftaran Peserta Kompetisi & Pengumpulan Proposal

Isi formulir di sini: 
https://goo.gl/forms/AWnCG6h0pMgKZATB2

Kirim proposal ke:
APIK_ResilienceFund@dai.com

Jumat, 16 Juni 2017
(15:30 s.d. 19:00 WIB)

Sosialisasi di Jakarta

bertempat di:
Kantor DAI-APIK
World Trade Center 5, Lantai 7
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 29-31
Jakarta 12920

Senin, 19 Juni 2017
(15:30 s.d. 19:00 WIB)
Sosialisasi di Kota Malang bertempat di:
Komplek Permata Jingga. 
Jl. Raya Permata Jingga II G.12 
Kota Malang
23 Juni 2017,
pukul 23:59 WIB
Batas waktu pengumpulan Proposal  
3-7 Juli 2017 Proses Penilaian Proposal (pertama)  
19 Juli 2017, Pukul 23:59 WIB Batas Akhir Pengumpulan Proposal Revisi  

31 Juli 2017

Pengumuman Daftar Pendek Peserta

-

2 Agustus 2017

Penjelasan & Tanya Jawab

Dilakukan melalui Email & Tatap Muka Langsung/Skype Call

7 Agustus - 15 September 2017

Pemesanan Komponen & Pengembangan Sistem

-

18 & 20 September 2017

Presentasi

1 hari di Jakarta, 1 hari di kota lain/via Skype

25 - 28 September 2017

Pengujian & Kalibrasi Lab

Lab Instrumentasi Klimatologi BMKG

29 Sep - 13 Okt 2017  Pengujian di Lapangan Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor

16 - 20 Okt 2017

Penilaian

 

31 Okt 2017

Pengumuman Pemenang

Hasil lihat di atas.

1 hari (tentative)

Penandatanganan Kontrak Mitra Pembuat

-

*Jadwal dan format kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu

K. Lampiran

  1. Template Proposal_Rev1.0.docx (versi revisi)
  2. Matriks Penilaian
  3. Bill of Material